Kamis, 15 November 2012

TAFSIR IBN KATHIR QS FATIR 12



 

TAFSIR IBN KATHIR QS FATIR 12


وَمَا يَسْتَوِى الْبَحْرَانِ هَـذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ سَآئِغٌ شَرَابُهُ وَهَـذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَمِن كُلٍّ تَأْكُلُونَ لَحْماً طَرِيّاً وَتَسْتَخْرِجُونَ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبْتَغُواْ مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

. (12 Dan dua laut (jenis air) yang tidak sama: ini enak, manis dan menyenangkan untuk minum, dan yang asin dan pahit Dan dari mereka berdu
a Anda makan tender daging segar (ikan), dan menurunkan ornamen. yang Anda pakai Dan Anda melihat kapal membelah, bahwa Anda mencari sebagian dari karunia-Nya, dan bahwa Anda mungkin bersyukur..)

Berkah dan ayat-ayat Allah

Allah berfirman, menunjukkan kekuatan besar-Nya dalam menciptakan hal yang berbeda, bagaimana Dia telah menciptakan dua laut (jenis air). Laut, segar lezat (jenis air) mengacu pada sungai yang mengalir antara orang-orang, sungai besar dan kecil sesuai dengan kebutuhan masyarakat di semua wilayah dan daerah dan tanah. Air ini manis dan cocok bagi siapa pun yang ingin meminumnya.

وَهَـذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ
dan yang asin dan pahit. berarti, enak. Ini adalah laut di mana kapal-kapal besar berlayar, dan asin dan transporting. Alla0h mengatakan:

وَهَـذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ
(Dan dari mereka berdua Anda makan tender daging segar,) berarti, ikan.
وَمِن كُلٍّ تَأْكُلُونَ لَحْماً طَرِيّاً

(Dan dari mereka berdua Anda makan tender daging segar,) berarti, ikan.

وَتَسْتَخْرِجُونَ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا

(. Dan menurunkan ornamen yang Anda pakai) Ini seperti Ayah:
يَخْرُجُ مِنْهُمَا الُّلؤْلُؤُ وَالمَرْجَانُ فَبِأَىِّ ءَالاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

(Dari mereka berdua keluar mutiara dan karang Kemudian yang dari berkat-berkat Tuhan kamu yang manakah Anda berdua (jin dan manusia) menyangkal.) (55:22-23).

وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ
Dan Anda melihat kapal membelah, berarti, mereka melakukan perjalanan melalui itu, membajak melalui air dengan paruhnya berbentuk busur mereka. Muja0hid mengatakan, Angin menggerakkan kapal, dan angin tidak bisa mengemudi kapal-kapal kecuali yang besar.
وَلِتَبْتَغُواْ مِن فَضْلِه
bahwa Anda mencari sebagian dari karunia-Nya, berarti, melalui perjalanan Anda untuk terlibat dalam perdagangan dari satu lahan ke yang lain.
وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
dan bahwa Anda mungkin bersyukur. berarti, bahwa Anda dapat bersyukur kepada Tuhanmu untuk menundukkan penciptaan perkasa - laut - untuk Anda, sehingga Anda dapat melakukan perjalanan melalui itu seperti yang anda inginkan dan pergi ke mana pun Anda inginkan, dan tidak ada yang menghentikan Anda, kuasa-Nya telah ditundukkan untuk Anda apa yang ada di langit dan di bumi, dan semua ini adalah dengan kasih karunia dan rahmat-Nya.
لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُونَ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا ۖ وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.

Nikmat Hidup         :               Nikmat hidup adalah nikmat yang sagat berharga yang telah diberikan oleh Allah. Allah telah memberikan kesempatan untuk kita merasakan segala yang diciptakannya. Dan agar kita bersyukur terhadap karunia-Kanuria-Nya.
Allah hanya mengingatkan kita untuk beribadah kepada-Ny dan menjauhi larangannya.

Nikmat sehat           :               adalah nikmat yang membuat kita selalu bersyukur dan selalu mengingat Allah. Bayangkan jika kita tidak diberikan kesehatan oleh Allah walaupun kita memiliki banyak harta mungkin kita tidak anak pernah merasakan nikmatnya hidup sehat. Tapi, kenapa kita tidak pernah mensyukuri  hal tersebut dan tidak dapat menjaga kesehatan kita. Kita selalu merusak kesehatan kita-kita selalu merusahapa yang telah diberikan oleh Allah.
Nikmat Kesempurnaan fisik : Kita sering melihat orang yang kurang beruntung memiliki kekurangan fisik yang tidak sempurna.
                                                Tapi Allah selalu memberikan hikmah di balik cobaan yang diberikannya karena Allah hanya ingin tau dan menguji keikhlasan umatnya untuk menghdapi cobaan darinya.

Nikmat harta dan benda :       Nikmat  yang bias kita rasakan nikmat yang selalu kita cari untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup kita.
                                                Allah selalu memberian kemudahan untuk umatnya mencari karunia-Nya bagi umatnya yang selalu ingin berusaha.

Menurut hadits diatas yang menjelaskan tentang nikmat-nikmat Allah kita ketahui jika nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah terhadap umatnya itu tidak terhitung banyaknya dan masing-masing nikmat. Itu memiliki manfaat dan tujuan yang sngat luar biasa. Misalnya yaitu
Nikmat Hidup
Nikmat Sehat
Nikmat Kesempurnaan Fisik
Nikmat Harta dan Benda dan lain-lain
Bayangkan saja jika kita misalnya tidak diberi oleh Allah nikmat fisik yang sempurna mungkin kita akan berasa jika Allah itu tidak adil terhadap kita tapi akan berasa jika Allah itu tidak adil terhadap kita tapi dia tidak melihat hikmah-hikmah yang akan diberikan oleh Allah jika kita ikhlas dan bersabar melalui dia cobaan yang diberikannya.
            Seperti menurut hadits (Q.S. Fathir 12) yang menjelaskan tentang nikmat-nikmat Allah dan bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar